GIMANA SIH CARA BERPRESTASI?

Postingan author kali ini hanya sekedar cerita tentang masa-masa aku SMA dan 'How I Catch My Achievement'. Dibawa nyantai aja ya readers. So, I hope u enjoy read it.

Dulu waktu SMP aku udah punya target SMA yang aku tuju. Dan pas NUN nya keluar, aku bersyukur nilainya bagus, 36 sekian. Terus aku udah optimis dengan nilai segitu pasti aku bakal lolos di SMA yang aku inginkan. Aku minta ijin dong ke orang tua aku, but so sad, mereka gak ngasih ijin dengan alasan sekolah yang aku tuju terlalu jauh karena letaknya di pusat kota. Aku nurut aja sama kemauan mereka karena tuhan pasti punya rencana yang lebih indah daripada ekspektasi kita.

Terus aku daftar di SMA yang ada di kecamatan. SMAN nya ngga WOW banget tapi ya lumayanlah soalnya fasilitas yang cukup bagus dan tenaga pekerjanya juga cukup terpercaya. But its okay, not too bad. Setelah ngumpulin NUNnya dan semua tes udah terlaksana, pengumumannya keluar nih, dan Alhamdulillah aku keterima di program IPA sesuai yang aku inginkan. Tapi aku masih berat sebelah sama SMA yang aku pengenin. Aku liat deh daftar nilai calon siswanya. Asal kalian tau, total nilai aku tuh lebih rendah daripada nilai terendah calon siswa mereka. Ini pertanda tuhan memang ngga ngasih ijin aku sekolah di sana. 

Setelah ngelewatin MOS dan segala macemnya itu, aku sekolah seperti biasa dan seperti siswa lain pada umunya. Eits.. tapi aku punya goal yang harus aku gapai selama SMA. AKU HARUS BERPRESTASI DI SMA INI. Dan akhirnya aku udah nemu caranya.  Gimana aja sih caranya?

Pertama, kalian harus perhatiin guru yang lagi ngajar. Kenapa? Kalo kalian ikhlas niat sekolah dengan tulus, pasti sedikit banyak apa yang guru kalian kasih itu bakal masuk di otak kalian, I mean you'll understand about the lessons. Terus abis itu kalian harus bikin catatan dari apa yang diucapin guru kalian. Kenapa? Kalau kita nulis, itu memudahkan kita dalam belajar. Dan kalau misal kalian masih ngga faham sama pelajarannya, bisa kok tanya ke temen kalian. Karena belajar sama temen itu lebih efektif, bisa tanya-tanya tanpa rasa takut ataupun canggung.

Kedua, kalian itu harus belajar. Belajar itu penting loh readers. Kalian boleh belajar tiap hari, belajar SKS (sistem kebut semalam) atau bimbel di LBB. Aku ngga nyuruh kalian belajar tiap hari kok, soalnya menurut aku belajar tiap hari itu malah bikin kalian eneg sama pelajaran itu. Bimbel di LBB pasti berprestasi? Belum tentu. Kalo kalian bimbel di LBB make sure kalian beneran belajar, jangan asal dateng abis itu pulang. Itu malah ngerugiin orang tua kalian. Aku lebih prefer belajar SKS sih, soalnya aku juga pake metode itu. Tapi aku belajarnya tiap satu bab, bukan satu kitab. Dan biasanya sebelum ulangan dan ujian. Buat mastiin kita bisa ngerjain soalnya dan dapat nilai bagus. Tapi ya its all back to u, up to u buat pilih metode yang mana, worth it yang mana, yang menurut kalian 'itu guwe banget'. Pokoknya harus belajar!!!

Ketiga, kalian harus ngerjain tugas. Boleh kok nyontoh tugas temen kalian kalo kalian ga sanggup ngerjainnya. Tapi kalo bisa kerjain sendiri ya readers, JANGAN MANJA. Kalo kalian mau nyontoh tugas dari temen kalian, nyontohlah ke temen kalian yang pinter, and make sure tugas kalian itu bener supaya nilai kalian bagus. 

Keempat, kalian harus selalu meminta ridho dari orang tua kalian. Ibadah juga harus tetep dijalanin, especially ibadah yang wajibnya ya. Jangan skip cara yang ini karena kesuksesan kita itu ngga lepas dari campur tangan orang tua dan tuhan.

Akhirnya setelah 3 taun aku sekolah dan nerapin keempat cara tersebut, Alhamdulillah aku berhasil lolos SNMPTN. Guess what? Aku keterima di ITS, salah satu PTN yang terbaik di Indonesia. Dan kemarin pas wisudaan, ngga nyangka banget dong aku dapet Juara 1 MIPA. Soalnya menurut aku masih banyak temen-temen aku yang lebih pinter daripada aku. Itu best moment ever sih. 

I hope u guys bisa gapai prestasi kalian di sekolah kalian masing-masing. Ambil positifnya aja dan jangan ambil negatitnya. Semangat sekolahnya ya! Jangan pernah putus asa sama harapan kalian. Kalo misal hasilnya ngga sesuai apa yang kalian harapin, terima aja. Mungkin tuhan punya rencana yang lebih indah dari ekspektasi kalian. Dan jangan lupa juga buat berterima kasih ke tuhan atas apa yang selama ini kalian miliki.

Nah segitu aja thread dari aku kali ini. Semoga bermanfaat ya readers. Thank u for visit my blog. Share ke temen-temenmu supaya lebih bermanfaat lagi. So, don't forget to be my friends on Instagram @syarifahaa. 

~~HAPPY READING~~

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TERIMAKASIHKU (eps2) -- ospek

SAMBATAN AUTHOR